13 Jun 2024, 12:00 PM By : Administrator
Andalkan GR Supra GT4 Evo, TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Berhasil Mengharumkan Nama Indonesia

Pembalap TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) Haridarma Manoppo bersama pembalap Jepang Seita Nonaka kembali berlaga di event Fanatec GT World Challenge Asia 2024 di Sportsland Sugo Circuit, Jepang (9/6), yang sekaligus merupakan Seri Pertama Japan Cup 2024 sebagai ajang balap endurance car domestik Jepang.

Andalkan Toyota GR Supra GT4 Evo, perjuangan keduanya berbuah manis dengan gelar Juara Pertama Kelas GT4 Japan Cup 2024 Seri ke-1 setelah melewati pertarungan yang ketat sepanjang race 1 dan race 2.

“Partisipasi Haridarma Manoppo di kejuaraan Fanatec GT World Challenge Asia (GTWCA) 2024 merupakan bukti keseriusan TOYOTA GAZOO Racing Indonesia untuk naik ke jenjang lebih tinggi dengan mengambil challenge ke balapan yang lebih kompetitif demi memperoleh ilmu serta pengalaman yang lebih luas,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

“Selamat kepada TGRI yang langsung berhasil meraih podium puncak Kelas GT4 di kesempatan pertamanya berlaga di kompetisi Grand Touring Jepang. Semoga kami dapat meraih poin penuh di sisa seri Japan Cup 2024 dan mengharumkan nama Indonesia di kancah balap touring regional,” lanjutnya.

Balap touring car kelas GT4 menggunakan mobil balap buatan pabrikan yang tersedia untuk umum dan dimodifikasi sesuai regulasi sehingga seluruh peserta memiliki level performa yang setara. Toyota GR Supra GT4 Evo dilengkapi mesin 3.000 cc 6-silinder single twin-scroll turbocharger yang sudah di-upgrade performanya oleh TGR sehingga menghasilkan tenaga 430 dk dan torsi 650 Nm.

Regulasi yang ketat dan fair membuat semua pembalap memiliki daya saing tinggi dan balapan dapat berlangsung dengan sengit. TGRI akan berlaga di event yang khusus diselenggarakan di Jepang yakni Japan Cup 2024 yang akan berlangsung dalam 8 seri kejuaraan back-to-back.

Seri pertama dan kedua Japan Cup 2024 di Sportsland Sugo Circuit, menjadi test perdana bagi TGRI yang memasang target mampu finish di podium kelas GT4 dengan improvement yang konsisten dan positif di setiap lap time.

Berdasarkan feedback pembalap dan data lintasan, GR Supra GT4 Evo akan terus dikembangkan sejalan semangat continuous improvement demi menghadirkan ever-better race cars yang dapat diandalkan.

Hasilnya terbilang memuaskan, dimana kedua pembalap berhasil menempatkan GR Supra GT4 Evo di posisi ke-2 dan ke-3 Kelas GT4 saat sesi latihan resmi pertama dan kedua di hari Jumat (7/6).

Tim engineer TGRI berusaha meningkatkan performance sports car tersebut dan akhirnya menorehkan lap time terbaik dengan merebut pole position dari kualifikasi pertama dan kedua dengan catatan waktu 1:27.918 dan 1:26.764, Sabtu (8/6).

Dengan semangat continuous improvement dan bermodalkan catatan waktu selama dua hari, engineer TGRI berusaha menemukan celah pengembangan supaya mobil balap memiliki daya saing dan daya tahan lebih tinggi saat race day yang ketat.

Start dari posisi ke-1 di race pertama hari Minggu (9/6), Haridarma dan Seita tidak menyia-nyiakan waktu untuk langsung maximum attack supaya dapat mempertahankan posisi terbaik lomba. Sayang di tengah lomba ada sedikit problem pada ban dan terhalang kecelakaan yang membuat duo pembalap TGRI harus turun posisi dan finish ke-4 di race pertama.

Memulai race ke-2 dengan rasa percaya diri tinggi, Haridarma dan Seita berusaha menjaga pace mobil supaya dapat bertahan dari gempuran pembalap-pembalap lain. TGRI akhirnya menuntaskan balap dengan mempertahankan Podium Pertama Kelas GT4 Japan Cup 2024 Seri ke-1.

“TGRI datang dengan target untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman penting di lomba endurance car yang menuntut performa mobil balap dan peserta yang konsisten. Pengalaman berlomba tahun lalu dan visi continuous improvement yang tim jalankan, terbukti efektif dalam meningkatkan performa GR Supra GT4 Evo yang tampil gemilang di dua seri lomba,” jelas Pembalap TGRI, Haridarma Manoppo.

“Semoga TGRI dapat terus tampil konsisten di sisa enam seri Japan Cup 2024 untuk memberikan gelar juara Kelas GT4 kepada GR Enthusiast dan masyarakat pecinta balap mobil di Indonesia,” urainya lagi.

“Kami bangga pembalap TOYOTA GAZOO Racing Indonesia langsung dapat tampil all-out pada balap touring Kelas GT4 Japan Cup 2024 Seri Pertama yang juga merupakan bagian dari Fanatec GT World Challenge Asia (GTWCA) 2024,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.

“Partisipasi di ajang regional ini juga merupakan next step bagi pembalap TGRI supaya dapat merasakan atmosfer balap yang lebih menantang dan menambah pundi prestasi di luar Indonesia. Semoga partisipasi TGRI dapat memancing lebih banyak GR Enthusiast menyaksikan balapan sejalan visi menyebarkan excitement & joy of GR,” tutupnya.