07 May 2024, 05:00 PM By : Administrator
Andalkan GR Yaris Rally2, Pembalap TOYOTA GAZOO Racing WRC Challenge Program Tampil Penuh Percaya Diri di Rally Kroasia

Pembalap TOYOTA GAZOO Racing WRC Challenge Program Yuki Yamamoto dan Hikaru Kogure memperoleh pengalaman baru yang berharga saat start di ajang WRC2 kedua di Reli Kroasia pada 18-21 April 2024. Event aspal pertama yang begitu menantang bagi mereka di balik kemudi GR Yaris Rally2.

Sejak bergabung dengan jadwal Kejuaraan Reli Dunia (World Rally Championship) pada tahun 2021, Reli Kroasia telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu lomba di track aspal yang paling menantang. Dengan etape yang cepat namun teknikal, menampilkan jumping disertai berbagai jenis aspal yang berbeda.

Kondisi ini berarti tingkat cengkeraman ban terus berubah, dengan tambahan lumpur dan kerikil yang terseret ke atas trek oleh setiap mobil peserta yang lewat. Sebuah tantangan khusus bagi Yamamoto dan Kogure untuk melaju lebih cepat sebagai bagian dari persaingan WRC2 yang kompetitif.

Elemen baru lainnya dalam debut pembalap muda Jepang di aspal pada level ini adalah bekerja untuk pertama kalinya dengan pembalap gravel. Mereka melewati special stage terlebih dahulu untuk memeriksa kondisinya dan memodifikasi pacenote sesuai situasi terkini.

Tujuan utama kedua pembalap muda ini berlaga adalah untuk mengumpulkan pengalaman sebanyak mungkin, yang mereka capai dengan berkendara di setiap etape rally selama akhir pekan.

Keduanya nyaris berhasil melewati hari pertama dan terpanjang di hari Jumat tanpa insiden besar. Pada etape terakhir sore hari, Yamamoto sempat spin dan bisa melanjutkan. Kogure tidak seberuntung itu, ia berputar dan membentur tebing di bagian dalam tikungan dan merusak radiator yang memaksanya berhenti.

Kogure dan co-driver Topi Luhtinen dapat memulai kembali kompetisi pada hari Sabtu sembari mengalami beberapa masalah teknis kecil pada stage di pagi yang dapat diperbaiki saat istirahat di tengah hari.

Kedua pembalap lolos dari putaran pertama pada sore hari saat mereka terus membangun percaya diri dan kecepatan, sebelum Yamamoto keluar kurang dua kilometer dari akhir stage terakhir hari itu. Dia dan co-driver Marko Salminen memulai kembali pada hari Minggu dan mencapai finish di posisi ke-11 WRC2, satu posisi di depan Kogure dan Luhtinen.