02 Mar 2023, 08:00 AM By : Administrator
Bermodalkan Rombakan pada Bodywork, TOYOTA GAZOO Racing Siap Pertahankan Gelar Juara Dunia WEC 2023

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) menghadirkan Hypercar HYBRID GR010 yang telah direvisi untuk musim 2023 untuk mempertahankan gelar juara dunia FIA World Endurance Championship (WEC). Sekaligus untuk mempertahankan dominasi tim di ajang bergengsi Le Mans 24 Jam dan melawan pesaing baru di awal era yang menarik dan penuh tantangan.

Kesuksesan tim TGR yang luar biasa, sejauh ini mencakup lima kemenangan Le Mans berturut-turut dan empat gelar ganda WEC berturut-turut, akan ditantang oleh lebih banyak peserta kelas bergengsi Hypercar dalam tujuh balapan musim 2023, termasuk event ke-100 Le Mans 24 jam.

Cadillac, Ferrari, Porsche, dan Vanwall bergabung dalam kompetisi Hypercar bersama tim yang sudah lebih dahulu eksis seperti Peugeot dan Glickenhaus untuk membentuk 13 tim di WEC 2023. Dengan kemungkinan lebih banyak mobil di Le Mans, diharapkan menjadi kompetisi yang dipertarungkan dengan ketat untuk hadiah terbesar dalam ajang balap ketahanan dunia.

Toyota GR010 HYBRID pertama diperkenalkan pada Januari 2021. Selama ini, mobil balap tersebut telah mengalami program evolusi detail di area utama, seperti yang terjadi pada tahun 2022 untuk mengoptimalkan keandalan dan efisiensi.

Penyesuaian telah dilakukan pada powertrain racing hybrid berperforma tinggi. Terdiri dari mesin 3,5 liter 520 kW (707PS) dan motor listrik 200 kW (272PS). Engineer TGR juga mengurangi bobot dan meningkatkan keandalannya dengan memanfaatkan pengetahuan unik yang diperoleh dari pengalaman lebih dari satu dekade bersama mesin hybrid di Le Mans.

Perubahan paling terlihat pada evolusi GR010 HYBRID untuk musim 2023 adalah menyangkut bodywork. Perangkat aerodinamika baru di sudut depan dan pelat ujung sayap belakang yang lebih kecil serta perubahan detail lainnya, telah diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berkendara dan konsistensi aerodinamika.

Modifikasi juga telah dilakukan pada bodywork dengan target guna meningkatkan pendinginan rem dan memungkinkan perubahan cepat pada opsi pendinginan selama balapan yang dicapai melalui ventilasi baru di bagian depan dan belakang. Selain itu, tata letak lampu depan yang telah direvisi diterapkan untuk mengoptimalkan visibilitas saat berkendara di malam hari.

Di bawah chassis, HYBRID GR010 telah menjalani program penghematan berat untuk menurunkan bobot keseluruhan hingga minimum 1.040 kg yang diizinkan oleh peraturan. Tim mengembangkan mobil balap ini selama fase desain mobil mulai tahun 2020 sebagai hasil dari bagaimana regulasi Hypercar di WEC berkembang.

HYBRID GR010 akan kembali menggunakan 100% bahan bakar biofuel terbarukan yang terbuat dari residu anggur dan bahan pertanian untuk mengurangi emisi CO2 setidaknya 65% dan berkontribusi pada upaya berkelanjutan untuk meningkatkan daya saing balap ketahanan dunia.

Untuk melengkapi upaya tersebut, pemanasan awal ban sebelum digunakan tidak lagi diizinkan sehingga mengurangi konsumsi energi dan emisi. Hasilnya, Michelin telah memperkenalkan rangkaian kompon ban baru yang dirancang untuk mencapai suhu pengoperasian puncak dengan cepat, sekaligus mempertahankan daya tahan dan performa.

Sekali lagi, GR010 HYBRID mendapat manfaat dari keahlian teknis partner jangka panjang TOYOTA GAZOO Racing, yang terus berkontribusi secara signifikan terhadap kesuksesannya. DENSO memasok radiator dan busi sekaligus berkontribusi pada motor depan bersama AISIN. RAYS menghadirkan velg magnesium yang ringan, Akebono menyediakan kaliper rem paduan monoblok dan Mobil 1 sebagai pelumas mesin balap.

TOYOTA GAZOO Racing memiliki jajaran pembalap yang secara eksklusif terdiri dari pemenang Le Mans dan juara WEC yang telah terbukti prestasinya. Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López akan bekerja sama untuk musim keenam berturut-turut di mobil #7, sementara juara Le Mans tahun lalu dan pemenang gelar juara dunia Sébastien Buemi, Brendon Hartley dan Ryo Hirakawa bergabung di GR010 HYBRID #8.

Peran pembalap penguji dan cadangan akan diambil oleh Kazuki Nakajima yang pensiun dari balapan pada akhir 2021 setelah menjalani karir bersama tiga kemenangan Le Mans dan Kejuaraan Dunia WEC, serta dua gelar Formula Super. Ia akan menjalankan peran tersebut sejajar dengan posisinya sebagai Vice Chairman TOYOTA GAZOO Racing Europe.

Musim 2023 dimulai pada 11-12 Maret dengan tes pra musim resmi, diikuti lomba pertama di 1000 Miles of Sebring (17 Maret), sebelum perjalanan ke Portimao (16 April) dan Spa-Francorchamps (29 April). Puncak musim ini, edisi seratus tahun Le Mans 24 Jam berlangsung pada 10-11 Juni, sebelum tiga balapan terakhir di Monza (9 Juli), Fuji Speedway (10 September) dan Bahrain (4 November).