26 Jul 2022, 11:07 By : Administrator
GR YARIS Rally1 HYBRID Tampil Powerful, TOYOTA GAZOO Racing Raih Podium Pertama dan Kedua Reli Estonia 2022

Pereli muda Kalle Rovanperä melanjutkan musim 2022 yang luar biasa di Kejuaraan Reli Dunia dengan kemenangan kelimanya dari enam seri terakhir.

Ia memimpin finish satu-dua di Reli Estonia 2022 untuk TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team (TGR WRT) setelah pertempuran kecepatan tinggi dengan rekan setim Elfyn Evans.

Setelah tahapan awal gravel, jalan Estonia yang mulus dan cepat memberikan ujian atas performa mobil Rally1 generasi baru GR YARIS Rally1 HYBRID yang mendominasi akhir pekan.

Yaris mencatat waktu tercepat di semua etapa dan hanya kalah tipis di dua etape pendek yang diadakan pada Kamis dan Sabtu malam.

Cuaca memastikan akhir pekan yang menantang dari awal hingga akhir dengan hujan singkat dan deras membuat kondisi trek mudah berubah dan tidak dapat diprediksi.

Evans unggul di awal etape dengan sebagian besar trek kering hingga Jumat dan memenangkan keempat etape pada pagi hari untuk memimpin

Rovanpera yang berhasil menyapu bersih etape di jalan gravel memanfaatkan trek yang basah di sore hari untuk maju.

Dia dan co-driver Jonne Halttunen kemudian mendominasi hingga Sabtu, memenangkan tujuh etape berturut-turut dan melanjutkan performa itu hingga Minggu pagi.

Pada dua lap terakhir, cuaca memburuk. Baik Rovanpera dan Evans lebih dari setengah menit lebih lambat dari beberapa pesaing karena mengalami kesulitan di SS23 tetapi mampu mempertahankan posisi mereka secara keseluruhan.

Kedua pereli TGR tersebut memanfaatkan kondisi yang membaik saat matahari terbit untuk bertarung di Power Stage yang menentukan hasil akhir.

Rovanpera mencatat waktu terbaik dengan selisih 22,5 detik atas Evans untuk meraih poin maksimum untuk dirinya dan co-driver Jonne Halttunen.

Hasil tersebut membuatnya meningkatkan posisi di klasemen pembalap memimpin dengan 83 poin setelah tujuh dari 13 seri.

Evans dan co-driver Scott Martin naik ke posisi ketiga dalam klasemen umum setelah finish kedua.

Dengan hasil Power Stage tersebut, TGR juga mencetak poin maksimal menuju juara klasemen pabrikan akhir pekan ini dan memimpin dengan 87 poin.

Setelah kehilangan waktu ketika ban terlepas dari peleknya saat mendarat pada hari Sabtu, Esapekka Lappi memenangkan dua etape pada hari Minggu dan meraih posisi keenam secara keseluruhan pada etape terakhir.

Ia mencatat waktu tercepat keempat meskipun mengalami kondisi yang jauh lebih buruk dari rekan satu tim lainnya.

Takamoto Katsuta melanjutkan rekor mencatat poin yang tak terputus sejauh ini di tahun 2022 dalam entri TGR WRT Next Generation.

Ia finish di urutan kelima secara keseluruhan, meningkatkan kepercayaan diri dan performanya selama lomba meskipun dalam kondisi yang sulit.