15 Sep 2022, 06:09 By : Administrator
Selangkah Menuju Gelar Juara Dunia 2022, TOYOTA GAZOO Racing Meraih Juara 1 dan 2 Balap Ketahanan Fuji 6 Jam

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) meraih kemenangan satu-dua yang sempurna dalam 6 Hours of Fuji untuk merayakan kembalinya FIA World Endurance Championship (WEC) ke Jepang dengan gaya yang mengesankan.

Fuji Speedway menjadi tuan rumah WEC untuk pertama kalinya sejak 2019 dan TOYOTA GAZOO Racing memperkuat tantangan Kejuaraan Dunia dan merayakan kepulangan yang tak terlupakan dengan memenangkan debut GR010 HYBRID Hypercar.

Sébastien Buemi, Brendon Hartley dan Ryo Hirakawa menampilkan performa sempurna di #8 GR010 HYBRID untuk meraih kemenangan kedua musim ini, menambah kemenangan Le Mans 24 Jam dan memberikan kemenangan kedelapan tim dalam sembilan race di Fuji Speedway.

Juara Dunia Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López menempati posisi kedua dalam HYBRID #7 GR010, tertinggal 1 menit 8,382 detik, untuk menyelesaikan sapu bersih yang diperoleh dengan susah payah.

Poin maksimum dari balapan kandangnya membawa TGR selangkah lebih dekat untuk mempertahankan Kejuaraan Dunia pabrikan dengan memperpanjang keunggulannya menjadi 26 poin atas Alpine yang finis ketiga.

Sementara sekarang pembalap TGR #8 memiliki poin yang sama di puncak klasemen pembalap menuju balapan terakhir.

Persaingan Seru Antar Pembalap TGR

Penonton yang antusias memadati tribun penonton Fuji Speedway dan melihat Kamui #7 di posisi terdepan memimpin balapan pada hari yang panas dan cerah.

Kamui membuat celah tipis atas Sébastien #8 saat GR010 HYBRID mengatur ritme balapan dengan memimpin sejak bendera start dikibarkan.

Hanya beberapa detik memisahkan keduanya selama satu jam pertama yang berakhir dengan pit in untuk dua ban baru dan lebih banyak bahan bakar.

Kamui mempertahankan keunggulan di #7 tetapi Sébastien secara bertahap menutup celah dan memimpin di lap 64. Saat tanda dua jam mendekat, Kamui menyerahkan peringkat kedua #7 kepada José.

Satu putaran kemudian, Brendon mengambil alih kemudi #8 dan melanjutkan dengan keunggulan 6 detik, di mana Alpine yang berada di posisi ketiga berjarak lebih dari 50 detik.

Brendon mulai membangun margin yang nyaman di depan dan memperpanjang keunggulannya atas José menjadi 10 detik di pit stop berikutnya pada setengah balapan.

Pada saat pergantian pembalap berikutnya, dengan hanya kurang dari dua jam tersisa, Brendon memimpin 30 detik yang menentukan.

Ryo, yang sudah menjadi pemenang di Fuji Speedway musim ini di Super Formula, mengambil alih kemudi #8 saat Mike menggantikan José di #7 untuk putaran terakhir.

Dengan keunggulan satu putaran atas Alpine yang berada di posisi ketiga, GR010 HYBRID mengendalikan sisa balapan tanpa mengambil risiko yang tidak perlu.

Setelah 232 lap tanpa safety car atau full course yellow, Ryo mencapai finish pertama untuk mengamankan kemenangan ketiga TOYOTA GAZOO Racing musim ini, yang ke-37 dari 75 balapan WEC bertenaga hybrid sejak 2012. Mike mengikuti 1 menit 8,382 detik kemudian.