28 Sep 2022, 08:09 By : Administrator
Spesifikasi Toyota GR010 HYBRID yang Siap Mempertahankan Gelar Juara Balap Ketahanan Dunia FIA WEC 2022

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) siap memperpanjang gelar juara pembalap dan konstruktor FIA World Endurance Championship (WEC) 2022.

Tahun 2021 merupakan era baru WEC dengan diperkenalkannya kelas Hypercar (Le Mans Hypercar/LMH) sebagai kasta tertinggi balap ketahanan dunia.

TGR yang tampil penuh dan menorehkan banyak prestasi sejak tahun 2016 sudah menyiapkan petarung yang diberi nama Toyota GR010 HYBRID sejak tahun lalu.

Setelah menyandingkan gelar juara dunia WE untuk pembalap dan konstruktor tahun lalu, TGR siap untuk kembali menyandingkannya tahun ini.

Salah satu faktor utama penentu kemenangan demi kemenangan TGR di ajang WEC 2022 adalah Toyota GR010 HYBRID.

Sebagai bagian dari inisiatif pemotongan biaya kompetisi, GR010 HYBRID lebih berat 162 kg dan daya 32% lebih sedikit daripada pendahulunya TS050 HYBRID.

Mobil balap ketahanan ini juga memiliki dimensi yang lebih besar, yakni lebih panjang 250 mm, lebih lebar 100 mm dan lebih tinggi 100 mm.

Untuk pertama kalinya sejak awal proyek WEC, TGR akan berpartisipasi tanpa generator listrik di belakang dan hanya satu generator yang diizinkan di as roda depan.

Ini berarti motor starter harus dipasang pada GR010 HYBRID, sementara rem belakang hidrolis juga diaplikasikan.

GR010 HYBRID dilengkapi unit motor generator di depan yang menghasilkan daya hibrida 272 PS dan traksi penggerak empat roda dengan kecepatan lebih dari 120 km/jam.

Dikombinasikan dengan mesin 3.500 cc V6, pengemudi memiliki tenaga total 680 PS tanpa batasan penggunaan bahan bakar.

GR010 HYBRID memiliki fitur aerodinamika canggih yang dioptimalkan untuk efisiensi dan dikembangkan menggunakan perangkat lunak Computational Fluid Dynamics dan pengujian terowongan angin.