22 Aug 2022, 06:00 By : Administrator
TOYOTA GAZOO Racing Memperkuat Poin Kejuaraan WRC 2022 dengan Meraih Podium Kedua dan Ketiga Reli Finlandia

Kalle Rovanperä dari TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team (TGR WRT) semakin memperkuat keunggulannya di World Rally Championship (WRC) 2022 dengan raihan posisi kedua Reli Finlandia yang sangat kompetitif.

Sementara rekan setimnya dan sesama pereli Finlandia, Esapekka Lappi selamat dari drama akhir yang luar biasa untuk bergabung dengannya di podium ketiga.

Ditugaskan menyapu jalan berkerikil di sekitar kampung halaman mereka di Jyväskyl, Rovanperä dan co-driver Jonne Halttunen mengakhiri hari Jumat dengan selisih 21 detik pada posisi keempat.

Didorong oleh dukungan penonton lokal, Rovanperä kemudian melaju dengan cepat melalui hari reli terpanjang pada hari Sabtu dan tercepat dalam enam dari delapan etape.

Sehingga Rovanperä naik ke urutan kedua secara keseluruhan dan memangkas jarak dengan pemimpin klasemen menjadi 8,4 detik.

Dengan demikian, dia memasuki hari terakhir dengan masih mengincar kemenangan kandang, tetapi tidak dalam posisi untuk mempertaruhkan segalanya untuk memperkuat posisinya di klasemen umum WRC 2022 dan akhirnya harus puas di tempat kedua, hanya 6.8 detik di belakang juara pertama.

Namun dia mengambil lima poin bonus maksimum untuk waktu tercepat di Power Stage sehingga meningkatkan keunggulannya menjadi 94 poin dengan lima reli tersisa.

Reli Finlandia pertama untuk generasi baru mobil Rally1 Hybrid adalah seri WRC tercepat keempat sepanjang masa, di mana pertarungan yang sangat ketat mengharuskan pengemudi untuk memiliki kepercayaan diri yang baik pada mobil meskipun pengujian terbatas.

GR YARIS Rally1 HYBRID mencatat waktu tercepat di 15 dari 22 etape yang dilombakan di Reli Finlandia 2022.

Esapekka Lappi Berada di Posisi ke-3 Meskipun Kaca Depan Mobil Dilepas

Lappi memimpin perjuangan TGR hingga Jumat dan sebagian besar Sabtu, sebelum insiden aneh dengan batu yang dibelokkan ke atas sehingga merusak kaca depan mobilnya, menghambat jarak pandang.

Dia harus menghadapi drama lebih lanjut di tahap kedua dari belakang yang membuat mobilnya sangat rusak karena berguling tiga kali di sebuah tikungan.

Lappi mampu menyelesaikan etape tersebut dengan hanya kehilangan 20 detik dan tetap berada di urutan ketiga secara keseluruhan.

Tetapi dia dan co-driver Janne Ferm harus melakukan perbaikan di pinggir jalan, termasuk melepas kaca depan mobil dan mengisi air radiator.

Hebatnya, terlepas dari kerusakan parah, mereka hanya kehilangan 10 detik di tahap akhir untuk mempertahankan posisi ketiga dengan 16,9 detik yang relatif nyaman dan mencetak podium kedua pasangan tersebut musim ini.

Elfyn Evans Finish 4 Besar

Seperti rekan setimnya, Elfyn Evans juga menjadi bagian dari pertarungan yang mendebarkan di sebagian besar akhir pekan sebelum harus melakukan perbaikan sendiri setelah waktu tempuhnya turun pada Sabtu sore.

Dia dan co-driver Scott Martin masih sanggup finish keempat secara keseluruhan dan menempati posisi ketiga di Power Stage.

Poin penting yang memastikan TGR meningkatkan keunggulan pada kejuaraan pabrikan dengan satu poin menjadi 88.

Takamoto Katsuta dan co-driver Aaron Johnston memastikan ada empat GR YARIS Rally1 HYBRID di dalam enam besar untuk hampir seluruh seri reli 2022.

Dengan finish di urutan keenam, mereka melanjutkan rekor poin kejuaraan 2022 yang tak terputus untuk TGR WRT Next Generation setelah penampilan terkuat Katsuta di jalan-jalan di sekitar kampung halamannya di Finlandia.