03 Nov 2022, 07:11 By : Administrator
TOYOTA GAZOO Racing Meraih Gelar Juara Dunia Pembalap dan Pabrikan World Rally-Raid Championship 2022

Pertarungan sengit terjadi pada etape penutup Rally Andalusia 2022 sebagai seri terakhir World Rally-Raid Championship (W2RC) yang baru pertama kali diselenggarakan tahun ini.

Kompetisi yang keras membuat pembalap Nasser Al-Attiyah dan co-driver Mathieu Baumel dari TOYOTA GAZOO Racing (TGR) mendorong GR DKR Hilux T1+ untuk mendapatkan poin kemenangan di Spanyol.

Pada akhirnya, mereka harus puas di urutan kedua secara keseluruhan, tertinggal dari pemenang hanya dengan 6 detik setelah tiga tahapan kompetitif.

Meski begitu, keduanya mengamankan poin W2RC yang cukup untuk mengklaim gelar keseluruhan, di musim yang dimulai dengan kemenangan di Reli Dakar 2022.

Etape terakhir reli di Spanyol yang dimulai dan diakhiri di dekat kota Dos Hermanas, hanya terdiri dari etape berjarak 100 km.

Tetapi meskipun jaraknya relatif pendek, etape tersebut terbukti menjadi tantangan berat bagi para pembalap dan tim.

Pada akhirnya, kru TOYOTA GAZOO Racing berusaha keras memenangkan etape terakhir dengan selisih 22 detik sehingga hanya tertinggal 6 detik dari pemenang reli keseluruhan.

Cuaca buruk memaksa penyelenggara Rally Andalusia 2022 untuk membatalkan tahapan 2 dari event tersebut, namun tiga tahap tersisa menawarkan banyak kesempatan bagi pembalap dan co-driver top dunia untuk bertarung.

Pada akhirnya, Nasser dan Mathieu dari TGR harus mengakui kekalahan di klasemen keseluruhan di reli ini, tetapi mencatat poin W2RC yang cukup untuk merebut gelar keseluruhan.

Selain Nasser yang mengamankan gelar Pembalap W2RC dengan selisih 19 poin; Mathieu juga memenangkan gelar Co-driver dengan selisih yang sama.

Di klasemen pabrikan, TOYOTA GAZOO Racing mengamankan 163 poin sehingga menghasilkan margin kemenangan 28 poin.

TGR akan mengalihkan fokusnya ke Reli Dakar 2023, dimulai dengan sesi tes di area yang mirip dengan medan yang mereka harapkan di Arab Saudi awal tahun depan.

Sejauh ini, GR DKR Hilux T1+ telah menyelesaikan keempat putaran W2RC 2022 tanpa masalah teknis, dan tim akan meningkatkan keandalan ini selama persiapan terakhirnya untuk Dakar tahun depan.