04 Nov 2022, 06:11 By : Administrator
TOYOTA GAZOO Racing Siap Rayakan Gelar Juara World Rally Championship 2022 dengan Kemenangan di Reli Jepang

TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team (TGR WRT) memiliki kesempatan untuk merayakan musim 2022 yang sangat sukses di kandang sendiri saat FIA World Rally Championship (WRC) kembali ke Rally Jepang pada 10-13 November 2022.

Perlombaan pertama reli dunia ke Jepang sejak 2010 akan menjadi yang pertama kalinya bagi tim TGR mengikuti putaran reli dunia di negara asalnya.

TGR akan tiba di Jepang dengan hati gembira setelah mengamankan gelar di dua putaran sebelumnya.

Kalle Rovanpera dinobatkan sebagai juara pembalap WRC termuda bersama co-driver Jonne Halttunen di Selandia Baru bulan lalu, sebelum tim kemudian merebut gelar juara pabrikan di Spanyol dua minggu lalu.

Rovanpera akan berkompetisi di Jepang untuk pertama kalinya, begitu juga rekan setimnya Elfyn Evans.

Melengkapi line-up TGR WRT adalah Sébastien Ogier, yang memenangkan Rally Jepang pada tahun 2010 dan mengklaim dua dari delapan gelar kejuaraan dunia terakhirnya bersama Toyota sebelum mundur dari kompetisi penuh waktu musim ini.

Setelah meraih kemenangan di Spanyol bersama Benjamin Veillas, Ogier akan bergabung di Jepang dengan co-driver muda yang sedang naik daun Vincent Landais.

Pembalap TGR WRC Challenge Program Takamoto Katsuta juga akan memiliki kesempatan untuk berkompetisi di halam rumahnya untuk pertama kalinya di akhir musim yang kuat dan konsisten di bawah bendera TGR WRT Next Generation.

Jika Reli Jepang sebelumnya diadakan di trek gravel di utara pulau Hokkaido, sekarang akan diadakan di jalan aspal di pulau terbesar, Honshu.

Tahapan akan berlangsung sebagian besar di pegunungan di prefektur Aichi dan Gifu di jalan yang sempit dan sangat menuntut skill teknis.

Service Park akan berlokasi di Toyota Stadium di Aichi, dekat kota Nagoya dengan pembukaan Kamis malam akan diadakan di Taman Kuragaike.

Jumat akan menjadi hari terpanjang reli dengan 130,22 km trek kompetitif yang harus dilalui di dua putaran dari tiga etape di timur laut Toyota City.

Sabtu menampilkan trio etape berulang ke tenggara, ditambah dua loop special stage di Kota Okazaki untuk melengkapi hari itu.

Sebanyak lima etape pada hari Minggu, dimulai dan diakhiri dengan etape di Asahi Kougen yang menjadi tuan rumah Power Stage yang mengakhiri reli.

TGR WRT Uji Coba 2 Mobil Konsep di Reli Jepang

TOYOTA GAZOO Racing juga akan mendemonstrasikan dua mobil konsep.

Kedua mobil akan dikendarai di Okazaki sebelum SS13 pada hari Sabtu, dengan dua pembalap reli legendaris di balik kemudi.

GR YARIS Rally2 Concept akan diperkenalkan untuk pertama kalinya di Reli Jepang 2022, dikembangkan sesuai dengan peraturan Rally2 sebagai kategori populer dan kompetitif.

GR YARIS H2, sebuah konsep eksperimental menggunakan hidrogen untuk bahan bakar mesin pembakaran dalam, juga akan memamerkan performanya setelah debutnya di Ypres Rally Belgia pada bulan Agustus.

Juha Kankkunen akan mengendarai GR YARIS Rally2 Concept dengan juara dunia empat kali lainnya Tommi Mäkinen siap mengendarai GR YARIS H2.

Sebagai bagian dari inisiatif Toyota untuk mengeksplorasi opsi baru untuk mencapai netralitas karbon dan mengembangkan industri olahraga motor yang berkelanjutan, energi bersih yang berasal dari sel bahan bakar hidrogen akan digunakan di tempat servis di Stadion Toyota dan di panggung Okazaki dengan memanfaatkan pengalaman yang diperoleh di seri balap Super Taikyu di Jepang dan di Ypres Rally Belgia.