03 Oct 2022, 10:10 By : Administrator
Toyota GR DKR Hilux T1 Membawa Pembalap TOYOTA GAZOO Racing Juara ke-3 Reli Maroko 2022

Pembalap TOYOTA GAZOO Racing Nasser Al-Attiyah dan co-driver Mathieu Baumel mengikuti Reli Maroko 2022 sebagai bagian dari World Rally-Raid Championship (W2RC) 2022.

Balapan berlangsung pada 2-6 Oktober 2022 di mana tim menurunkan GR DKR Hilux T1+ pemenang Dakar yang telah mengalami penyempurnaan terus-menerus selama musim ini.

Reli Maroko 2022 berakhir di kota Agadir, Maroko setelah lima etape yang sangat berat sepanjang 1.506 km.

Tahap terakhir dari Tan Tan ke Agadir, terdiri dari 185 km bukit pasir kecil dan trek berbatu, dengan bagian penutup di sepanjang pantai Maroko.

Nasser Al-Attiyah dan Mathieu Baumel menyelesaikan etape terakhir dengan waktu tercepat ke-5, finish di posisi ke-3 di klasemen keseluruhan.

Pasangan ini memulai tahap akhir sebagai mobil ketiga sebagai taktik untuk menyerang waktu tercepat.

Namun, mereka kehilangan waktu di awal tahapan karena tersandung navigasi, sebelum berangkat mengejar kru di depan.

Nasser berhasil menutup jarak secara signifikan, menyelesaikan hanya 1 menit 55 detik di belakang pemenang tahap akhir.

Reli Maroko tahun ini telah membuktikan tantangan yang berat, tetapi jika bukan karena nasib buruk dengan empat masalah di Etape 2, kru TGR mungkin telah membawa pulang GR DKR Hilux T1+ ke urutan yang lebih tinggi.

Pada akhirnya, tim dipaksa untuk mengalihkan fokus dari kemenangan mutlak yang bertujuan untuk mencetak poin sebanyak mungkin dalam kompetisi perdana W2RC tahun ini.

Pasangan TGR memulai balapan satu poin di belakang pemimpin W2RC.

Tetapi berdasarkan 13 poin yang diperoleh dan 20 poin lainnya diberikan untuk tempat ketiga secara keseluruhan, mereka berhasil memimpin dalam kejuaraan dengan 22 poin keunggulan.

Sementara ban pecah memainkan peran dalam hasil akhir balapan, tim melaporkan tidak ada masalah teknis dengan GR DKR Hilux T1+.

TGR merasa yakin bahwa mereka membuat kemajuan dalam usaha mempertahankan mahkota Rally Dakar pada Januari 2023.

Sementara itu, masih ada satu balapan lagi di musim perdanaW2RC, di mana Rally Andalusia akan menjadi babak penentuan.

Dengan empat etape ditambah prolog, Reli Andalusia sedikit lebih pendek dari Reli Marocco, tetapi tetap akan memainkan peran penting dalam kejuaraan.

W2RC 2022 dimulai dengan Reli Dakar pada bulan Januari, di mana Nasser dan Mathieu mencatat kemenangan.

Disusul dengan Abu Dhabi Desert Challenge, di mana kru TGR finish di posisi ke-6, dan terakhir podium di Rally of Morocco 2022.