04 Jan 2023, 05:00 By : Administrator
Usung Tema Toyota: Leaving No Car Lovers Behind, Toyota Mengikuti Tokyo Auto Salon 2023 dan Tokyo Outdoor Show

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) mengikuti pameran Tokyo Auto Salon 2023 yang diadakan di Makuhari Messe, Chiba, Jepang dari 13 hingga 15 Januari 2023.

Toyota juga mengikuti pameran Tokyo Outdoor Show di tempat yang sama.

Mengusung tema "Toyota: Leaving no car lovers behind", TGR dan Toyota memamerkan kendaraan dan suku cadang otomotif sejalan dengan tiga konsep: “Carbon neutrality for protecting beloved cars”, “Making ever-better motorsports-bred cars”, dan “Diverse lifestyles to enjoy with beloved cars”.

Selama acara berlangsung, TGR juga mengusulkan cara baru untuk menikmati mobil dan olahraga motor di era netralitas karbon melalui sesi bincang-bincang bersama pembalap profesional dan engineer, serta melalui demo run.

Carbon neutrality for protecting beloved cars

Untuk mencapai netralitas karbon, Toyota memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggannya dengan menawarkan rangkaian produk lengkap.

Secara bersamaan, Toyota mempromosikan netralisasi karbon tidak hanya pada kendaraan baru tetapi juga kendaraan yang saat ini digunakan pelanggan.

AE86 H2 Concept (hydrogen-engine vehicle)

Toyota menghadirkan kembali AE86 yang telah lama dicintai dengan tetap mempertahankan penampilan aslinya yang legendaris.

Dengan memanfaatkan pengetahuan yang didapat dari "making ever-better motorsports-bred cars" seperti yang dipraktikkan oleh TGR dan ROOKIE Racing di Super Taikyu Series Jepang, TGR mengembangkan sports car yang fun to drive sambil menikmati daya tarik mesin pembakaran internal.

Untuk ini, dua tangki penyimpanan hidrogen tekanan tinggi Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) milik Toyota Mirai dipasang di bagian belakang, serta modifikasi lainnya pada injektor bahan bakar, pipa bahan bakar, dan busi.

AE86 BEV Concept (battery electric vehicle)

Memanfaatkan teknologi elektrifikasi, DNA bodi AE86, bobot ringan, dan keseimbangan bobot depan-belakang dipertahankan semaksimal mungkin.

Sementara karakteristik tenaga yang kuat dari kendaraan listrik (BEV) dan transmisi manual diadopsi untuk mengembangkan mobil yang menawarkan kenikmatan berkendara yang lebih besar dari aslinya.

Kendaraan ini juga memanfaatkan secara maksimal teknologi elektrifikasi dari kendaraan yang dijual secara komersial, menggunakan motor listrik Tundra HEV, baterai Prius PHEV, dan lainnya.

Berkontribusi pada netralitas karbon bersama produsen suku cadang aftermarket, kedua kendaraan konsep menggunakan kursi dan sabuk pengaman bekas yang telah diremajakan, serta bantalan sabuk pengaman yang terbuat dari bahan daur ulang.

Making ever-better motorsports-bred cars

TGR mempraktekkan visi "Making ever-better motorsports-bred cars" secara komersial dengan menyediakan mobil yang telah dikembangkan untuk memenangkan balapan.

GR Yaris Rally2 Concept dikembangkan dengan memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh saat berpartisipasi dalam FIA World Rally Championship (WRC).

Bakal mobil reli ini memenuhi regulasi Rally2 yang digunakan oleh banyak customer motorsports team alias tim privateer.

Pada tahun 2023, tim akan mengasah kendaraan dengan berkompetisi di Japanese Rally Championship dengan GR YARIS Rally2 Concept berbasis GR YARIS WR Concept (nama tentatif).

TGR akan melanjutkan pengembangan sambil mengumpulkan umpan balik dari pelanggan yang berlaga untuk mendapatkan homologasi pada Januari 2024.

WRC telah menjadi topik hangat di Jepang setelah Rally Jepang diadakan untuk pertama kalinya dalam 12 tahun.

TGR menampilkan model khusus Toyota GR Yaris untuk pertama kalinya dikembangkan di bawah pengawasan pembalap TGR Sébastien Ogier yang memenangkan gelar pembalap pada tahun 2021, dan Kalle Rovampella yang memenangkan gelar pembalap pada tahun 2022.

Kedua model menampilkan pengaturan kendaraan yang sesuai dengan masukan dari setiap pembalap dan perhatian khusus pada interior dan eksterior.

World premiere GR Yaris RZ High-performanceSébastien Ogier Edition Concept dan GR Yaris RZ High-performanceKalle Rovanperä Edition Concept merupakan ungkapan terima kasih TGR kepada semua pihak yang telah mendukung TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team (TGR WRT) dan keinginan TGR untuk membawa lebih banyak keseruan di ajang WRC.

Diverse lifestyles to enjoy with beloved cars

GR Parts for the GR Yaris (GR Garage exclusive)

Spesial untuk GR Yaris yang terus diasah dan dikembangkan di lini depan motorsport, pengetahuan yang diperoleh dengan berkompetisi di balapan tercermin pada kendaraan produksi.

Mempertahankan filosofi GRMN Yaris yang telah diasah bersama dengan pembalap profesional melalui pengenalan berbagai suku cadang eksklusif, TGR merilis GR Parts yang disesuaikan dengan GR Yaris untuk menikmati tingkat berkendara sporty yang lebih tinggi.

Suku cadang tersebut akan tersedia secara eksklusif di GR Garage di Jepang mulai akhir Januari 2023.

GR Heritage Parts Project

GR Heritage Parts Project adalah inisiatif untuk memproduksi kembali suku cadang yang dihentikan dan menjualnya sebagai suku cadang asli untuk memenuhi keinginan pelanggan yang ingin mengendarai mobil kesayangan.

Pada tahun 2023, TGR berencana untuk meluncurkan 32 item untuk delapan model dan memperluas tiga model Toyota Land Cruiser.

Sebagai langkah awal, TGR berencana merilis gardan belakang untuk Land Cruiser 70 dan Land Cruiser 80 pada April 2023.

Website TGR menerima permintaan suku cadang untuk diterbitkan ulang dan pada 13 Januari 2023 mulai menerima permintaan dari Land Cruiser 60, 70, dan 80.

86Re:PROJECT

86Re:PROJECT adalah inisiatif Toyota Jepang untuk membawa pelanggan Toyota 86 (model ZN6) ke bengkel resmi untuk pemeriksaan, penggantian suku cadang, dan penyetelan dalam memberi keunggulan berkendara seperti mobil baru.

Setelah memeriksa kendaraan dan suku cadang yang perlu diganti atau setelah menemukan ketidaknormalan, anggota staf ahli berkonsultasi dengan pelanggan dan mengusulkan perawatan terperinci.

Terdapat menu yang terdiri atas Engine Refresh Course, Rubber Mount Replacement Course, dan layanan lain tergantung pada kondisi kendaraan pelanggan.

Juga disediakan 86 Re:Certification Course, di mana kendaraan yang diservis menjalani pemeriksaan akhir oleh penguji ahli di test track Toyota yang canggih, diikuti dengan penerbitan catatan teknis terperinci dan sertifikat 86 Re: Certification.