27 Dec 2023, 12:00 PM By : Administrator
Andalkan GR DKR Hilux EVO T1U, TOYOTA GAZOO Racing Siap Berlaga di Dakar Rally dan W2RC 2024

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) akan berkompetisi pada Dakar Rally 2024 dengan versi terbaru dari mobil pemenang Dakar, GR DKR Hilux EVO T1U. Sebuah nama baru yang mencerminkan peningkatan pada mobil dan kategori baru W2RC (World Rally-Raid Championship).

Tim ini akan memiliki lima pembalap di Dakar Rally 2024, termasuk dua pembalap pemula yang akan mengikuti balapan otomotif terberat di dunia. Line-up ini akan menjadi tim terbesar yang pernah diturunkan TGR di Reli Dakar yang ikonik.

TGR memadukan pengalaman tak tertandingi dalam diri Giniel de Villiers bersama kecepatan tak terbantahkan dari Lucas Moraes dan Seth Quintero. Tim juga telah mengonfirmasi bahwa Lucas maupun Seth akan berlaga di FIA W2RC 2024.

Dakar 2024 akan menjadi putaran pertama ajang W2RC 2024. Dan oleh karena itu akan menjadi reli penting bagi dua pembalap W2RC yang dikonfirmasi TGR: Lucas Moraes dan Armand Monleon, serta Seth Quintero dan Dennis Zenz.

Kedua pembalap bersama navigatornya ini akan memulai persaingan W2RC dengan awal yang solid dan penuh semangat dengan empat putaran setelah Reli Dakar yakni:

- Abu Dhabi Desert Challenge (25 Februari-2 Maret 2024)

- BP Ultimate Rally-Raid di Portugal (2-7 April 2024)

- Desafio Ruta 40 di Argentina (2-8 Juni 2024)

- Reli Maroko (5-11 Oktober 2024)

Sementara kedua pembalap ini akan berjuang untuk meraih kemenangan di W2RC setelah Reli Dakar, ketiga pembalap Afrika Selatan tersebut akan berlomba di South African Rally-Raid Series (SARRC) yang sangat kompetitif. Lomba ini berfungsi pula sebagai program pengujian utama untuk pengembangan GR DKR Hilux EVO T1U.

Lucas Moraes adalah sosok yang bersinar di Dakar 2023, berada di posisi kedua pada sebagian besar reli dengan Toyota Hilux yang dikendarai secara pribadi, namun akhirnya menempati posisi ketiga secara keseluruhan - menjadikannya salah satu rookie tersukses dalam sejarah Reli Dakar.

Tahun ini, pemuda Brasil ini akan berpasangan dengan Armand Monleon dari Spanyol, yang awalnya berkompetisi di Dakar dengan sepeda motor, sebelum beralih ke SSV dan sekarang ke balap corss country papan atas.

Mereka akan ditemani Seth Quintero dan co-driver Dennis Zenz sepanjang tahun. Seth digambarkan sebagai salah satu talenta terbesar di antara pembalap baru saat ini. Kecepatannya yang tak terbantahkan, ditambah kedalaman pengalaman yang tidak dimiliki rival seumurnya, menjadikannya salah satu pembalap terbaik.

TGR sangat antusias untuk melihat apa yang bisa dicapai oleh pembalap muda dan cepat ini dari balik kemudi GR DKR Hilux EVO T1U. Seth akan didampingi co-driver Jerman Dennis Zenz dan berharap untuk menyelesaikan Dakar Rally keempat mereka bersama-sama.

Kedua pembalap muda ini akan berusaha memanfaatkan pengalaman yang diberikan kepada tim oleh Giniel de Villiers, yang menjuarai Reli Dakar pada tahun 2009. Giniel memiliki rekor tak tertandingi di ajang tersebut setelah menyelesaikan 20 Reli Dakar hingga saat ini.

Ia telah finis di Top 10 sebanyak 19 kali, meraih delapan kali podium dan 15 kali finis Top 5. Ia akan kembali berpasangan dengan Dennis Murphy dari Afrika Selatan, seperti yang telah dilakukannya sejak Dakar 2022. Pasangan ini juga meraih gelar SARRC bersama pada tahun 2022.

Mereka akan bergabung dengan pembalap muda sensasional Saood Variawa dan co-driver Francois Cazalet. Saood berkompetisi untuk TOYOTA GAZOO Racing SA di Global Touring Car Championship di Afrika Selatan yang juga mengendarai Toyota Hilux T1+ sebagai bagian dari skuad SARRC Afrika Selatan.

Meskipun usianya masih muda, Saood baru berusia 18 tahun, dan merupakan salah satu pembalap termuda yang pernah membalap di Reli Dakar, pembalap yang bermarkas di Johannesburg ini memiliki pengalaman yang mendalam, dan akan berlaga di Reli Dakar untuk pertama kalinya.

Pembalap terakhir adalah Guy Botterill dan co-driver Brett Cummings. Cummings. Wajah yang akrab di tim karena biasanya menjadi co-driver untuk Henk Lategan yang tidak dapat berkompetisi karena cidera bahu menyusul kecelakaan berat di Afrika Selatan pada awal tahun.

Guy akan menghadapi Reli Dakar pertamanya dan berharap pengalaman Brett di ajang tersebut akan memberikan manfaat baik baginya. Guy memiliki rekor mengesankan pada reli di Afrika Selatan. Ia beralih ke ajang cross country secara penuh waktu selama tahun 2023 dan finis sebagai runner-up di SARRC tahun ini.

GR DKR Hilux EVO T1U Baru

Mobil baru ini lebih lebar 100 mm dari pendahulunya dan memiliki beberapa penyempurnaan. Suspensi mendapat perhatian khusus dan unit AC telah dipindahkan agar lebih efisien. Selain itu, mobil ini telah dilengkapi dengan paket pendingin baru yang memungkinkan redundansi lebih besar.

Fokus Toyota pada kualitas, daya tahan dan keandalan merupakan faktor kunci dalam pengembangan mobil baru. Oleh karena itu, mobil ini terus dikembangkan sepanjang tahun dan pembalap TGR telah menyelesaikan hampir 30.000 km balapan dan pengujian di W2RC dan SARRC musim 2023.

Tes tambahan dilakukan di Gurun Kalahari, di mana jarak tempuh tes yang cukup besar ditambahkan di Gurun Namib sebagai bagian dari persiapan akhir untuk Reli Dakar, menjelang W2RC tahun depan.

Biofuel yang Baru Dikembangkan

Pada saat yang sama, tim juga telah mengintegrasikan rencananya untuk masa depan yang lebih berkelanjutan dengan fokus pada proyek Dakar Future. Sebagai bagian dari komitmen, tim TGR Dakar telah bermitra dengan Repsol untuk mencapai target yang diperlukan jauh sebelum tenggat waktu tahun 2026.

Repsol memasok bahan bakar ke TGR dengan 70% kandungan energi terbarukan menggunakan biofuel canggih dengan pengurangan jejak karbon setidaknya 70%, dibandingkan dengan bensin konvensional. Bahan bakar terbarukan ini telah dirancang dan diproduksi di Lab Teknologi Repsol di Madrid, dari bahan limbah terbarukan seperti minyak goreng bekas.

Energi tersebut diproduksi di instalasi yang disertifikasi berdasarkan skema keberlanjutan ISCC UE. Bahan baku serta proses produksinya mematuhi persyaratan keberlanjutan berdasarkan Petunjuk Energi Terbarukan Eropa.

TGR telah menjadi mitra penelitian dan pengembangan bagi Repsol selama 18 bulan terakhir. Pengujian awal dan pengujian lapangan Repsol Renewable Fuel 70R+ secara ekstensif di berbagai lokasi, di mana pengujian akhir pra-Dakar yang berakhir baru-baru ini di Namibia. Campuran yang digunakan tim diformulasikan khusus untuk TGR sesuai regulasi FIA.