09 Oct 2022, 02:10 By : Administrator
GR Yaris Rally1 Hybrid Membawa TOYOTA GAZOO Racing Kunci Gelar Juara Dunia Pembalap dan Pabrikan WRC 2022

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) meraih gelar juara pabrikan FIA World Rally Championship 2022 dengan kemenangan luar biasa yang dicatatkan oleh Sébastien Ogier di Rally de España atau Reli Spanyol.

Keberhasilan gelar juara pabrikan mengikuti gelarjuara  pembalap yang dimenangkan oleh Kalle Rovanper dan Jonne Halttunen pada reli sebelumnya di Selandia Baru.

Gelar tahun ini adalah tahun kedua berturut-turut tim berhasil menyapu bersih tiga gelar yang tersedia.

Pencapaian yang luar biasa mengingat adanya revolusi besar dalam peraturan teknis yang diperkenalkan pada awal musim ketika GR Yaris Rally1 Hybrid menggantikan Yaris WRC yang sudah dikenal ketangguhannya.

Secara total, ini adalah keenam kalinya Toyota menduduki puncak klasemen pabrikan WRC, ketiga kalinya sejak kembali ke reli dunia pada tahun 2017.

Kemenangan reli di Spanyol adalah yang ketujuh musim ini dan yang pertama bagi juara delapan kali Ogier dalam kampanye paruh waktu.

Kemenangan ke-55 dalam karirnya juga merupakan kemenangan perdana bagi co-driver Benjamin Veillas.

Dalam reli aspal pertamanya sejak Rallye Monte-Carlo bulan Januari, Ogier berada di antara penentu kecepatan sejak awal.

Mantan juara dunia reli ini memenangkan tiga etape pada hari Jumat untuk memimpin meski harus menghadapi jalan yang lebih kotor daripada para pesaingnya dalam kondisi cuaca yang beragam.

Dia meraih tiga kemenangan etape lagi dalam penampilan yang luar biasa pada hari Sabtu saat menarik diri dari kelompoknya, dan kemudian memenangkan dua etape terakhir reli pada hari Minggu – termasuk Power Stage –dengan selisih waktu 16,4 detik.

Rovanpera juga dalam pertempuran untuk memimpin pada hari Jumat ketika mencatat waktu tercepat dalam empat tahapan, dan akhirnya selesai di posisi ketiga secara keseluruhan.

Harapannya untuk menempati posisi kedua memudar setelah menjadi salah satu dari beberapa peserta yang mengalami kerusakan ban akibat penutup saluran pembuangan di etape kedua hari Minggu.

Elfyn Evans adalah bagian dari lima besar yang bertarung ketat di awal reli tetapi tidak dapat menemukan kualitas berkendara yang sempurna untuk menyamai kecepatan pereli di depan.

Ban kempis pada Jumat sore dan satu lagi di tempat yang sama dengan Rovanpera di SS17, berkontribusi untuk finish di urutan keenam secara keseluruhan – merupakan hasil penting untuk membantu tim mencapai tujuan utamanya.

Satu tempat lebih jauh di belakang di posisi ketujuh adalah Takamoto Katsuta yang pulih dari awal yang sulit untuk menunjukkan kecepatan yang kuat dan konsisten dalam entri TGR WRT Next Generation.

Berikutnya WRC akan diadakan di negara asal Toyota yakni Jepang untuk membawa pulang gelar juara dunia WRC 2022.

Gelar Juara Konstruktor WRC yang Diraih oleh Toyota

1993 – Toyota Celica GT-Four ST185

1994 – Toyota Celica GT-Four ST185

1999 – Toyota Corolla WRC

2018 – Toyota Yaris WRC

2021 – Toyota Yaris WRC

2022 – Toyota GR YARIS Rally1 HYBRID