15 Jun 2022, 09:06 By : Administrator
Raih Podium 1 dan 2, TOYOTA GAZOO Racing Mencatat Rekor Kemenangan Spektakuler Lima Kali Berturut-turut di Le Mans 24 Jam

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) meraih kemenangan di Le Mans 24 Jam ke-90 untuk mencatat rekor kemenangan lima kali berturut-turut di Circuit de la Sarthe yang legendaris.

Sébastien Buemi, Brendon Hartley dan Ryo Hirakawa menjuarai balapan yang brilian dengan HYBRID GR010 #8, menyelesaikan 380 putaran untuk finish pertama di depan penonton yang menyambut dengan antusias.

Rekor kemenangan satu-dua yang keempat tim di Le Mans diamankan oleh pemenang tahun lalu, Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López, dalam HYBRID GR010 #7 yang melewati garis finish hanya 2 menit 1,222 detik di belakangnya.

Kemenangan keempat Sébastien membuat rekor kemenangan baru bagi pebalap Swiss, sementara kemenangan ketiga Brendon membuatnya menjadi pebalap Le Mans tersukses dari Selandia Baru.

Kemenangan pertama untuk Ryo di Le Mans ketiganya dan yang pertama bersama TGR, menjadikannya sebagai pebalap Jepang kelima yang berdiri di tengah podium.

Kedua GR010 HYBRID Hypercars melaju tanpa tandingan di lapangan dan terlibat dalam pertempuran jarak dekat yang seru.

Keduanya bergantian memimpin beberapa kali saat balapan berlangsung dinamis, dengan adanya kemacetan akibat pebalap grup lebih rendah, zona yellow flag, dan rombakan lintasan yang membuat kompetisi berlangsung sangat ketat.

Balapan berlanjut selama 16 jam, dengan kedua mobil TGR melaju hanya terpisah beberapa detik untuk sebagian besar waktu.

Tapi balapan berubah ketika pada lap 256, José menarik mobil nomor 7 yang memimpin balapan ke pinggir trek, menyusul masalah yang berkaitan dengan motor listrik penggerak depan.

José melakukan reset sistem dan dapat kembali ke pit, di mana reset lebih lanjut berhasil memecahkan masalah dan memungkinkan #7 untuk melanjutkan balap dengan kecepatan normal.

Meskipun begitu, ia hanya tertinggal satu putaran di belakang pemimpin baru, yakni Brendon yang mengemudikan GR010 HYBRID #8.

Dengan performa yang seimbang, defisit waktu itu terbukti terlalu sulit untuk dikejar oleh kru #7, meskipun José mencatatkan putaran tercepat dalam setengah jam terakhir.

Brendon, setelah Hyperpole menit terakhirnya yang spektakuler di hari Kamis, mendapat kehormatan melewati garis finish untuk memenangkan Le Mans 24 Jam ke-90.

José segera menyusul untuk menyelesaikan balapan sejauh 5,177 km yang melelahkan dan menantang.

Hasil itu menorehkan poin ganda di ajang The 2022 FIA World Endurance Championship yang menempatkan TOYOTA GAZOO Racing di puncak klasemen pabrikan setelah tiga balapan, unggul 22 poin dari Alpine.

Klasemen pembalap terbuka lebar, dengan kru #8 hanya selisih tiga poin dari trio tim Alpine, dan #7 tertinggal 20 poin di belakang.

TGR akan kembali fokus ke pertarungan memperebutkan gelar Kejuaraan Dunia hanya dalam empat minggu lagi di 6 Hours of Monza pada 10 Juli 2022.