26 Aug 2022, 07:08 By : Administrator
TOYOTA GAZOO Racing Menjaga Keunggulan WRC 2022 dengan Meraih Podium Ganda 2 dan 3 di Reli Belgia

TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team (TGR WRT) kembali mencetak podium ganda di Ypres Rally Belgia 2022 saat Elfyn Evans finish hanya lima detik dari kemenangan di posisi kedua dan Esapekka Lappi di posisi ketiga.

Dalam kedua kalinya menjadi tuan rumah putaran Kejuaraan Dunia Reli (WRC), jalan-jalan lahan pertanian di wilayah West Flanders kembali memenuhi reputasi bersejarah sebagai salah satu trek aspal yang paling menuntut.

Kalle Rovanperä adalah salah satu dari banyak pembalap yang mengalami kecelakaan pada etape kedua Jumat pagi.

Kecelakaan ini juga merupakan kemunduran signifikan pertama dalam musim yang luar biasa sejauh ini dari pembalap muda Finlandia.

Perbaikan ekstensif mobil oleh teknisi tim memungkinkan Rovanperä dan co-driver Jonne Halttunen untuk kembali di bawah aturan restart pada hari berikutnya.

Ia menargetkan poin di Power Stage yang mengakhiri reli di atas bukit berbatu Kemmelberg yang terkenal.

Di sana mereka mencatat waktu tercepat untuk meninggalkan Belgia dengan keunggulan klasemen sementara pembalap dengan 72 poin dan menyisakan empat putaran WRC.

Evans dan co-driver Scott Martin mengambil alih lomba ketika Rovanperä keluar, tetapi ban bocor yang membahayakan strategi ban mereka dan penalti 10 detik karena datang terlambat ke start satu tahapan berarti mereka mengakhiri hari Jumat ketiga secara keseluruhan dan tertinggal 13,7 detik.

Setelah melawan pada hari Sabtu dan meraih posisi kedua overall, Evans terus menutup jarak dengan pemimpin klasemen Ott Tänak dengan dua kemenangan etape pada pagi terakhir, tetapi pada akhirnya gagal.

Lappi dan co-driver Janne Ferm mencetak podium ketiga mereka dari enam start dan kedua dalam beberapa minggu seri WRC 2022.

Ia menjalani akhir pekan yang sangat konsisten dan bersih pada reli di mana satu-satunya pengalaman mereka sebelumnya adalah berlomba delapan tahun lalu.

Hasil tersebut memastikan TGR masih unggul dengan 88 poin di kejuaraan pabrikan WRC 2022.

Takamoto Katsuta pulih dari masalah pada Jumat pagi untuk finish kelima dalam entri TGR WRT Next Generation dengan co-driver Aaron Johnston’.

Sekarang ia menjadi satu-satunya pembalap yang menyelesaikan setiap reli di posisi 10 besar musim ini.

Debut publik dari konsep GR Yaris H2 yang inovatif berlangsung di atas lintasan Reli Belgia 2022 dan diselesaikan oleh legenda reli Toyota Juha Kankkunen yang mengemudikan Power Stage dengan mobil berbahan bakar hidrogen dan menggunakan ban Pirelli.

Setelah mengendarai GR Yaris H2 sendiri pada hari Sabtu, Founder TGR Akio Toyoda berkesempatan untuk membalap bersama Kankkunen di etape paling bervariasi akhir pekan sebelum menyapa para pembalap di podium.